Berkat Bantuan Pemkab Inhu, Kini Desa Talang Jerinjing Tak Lagi Banjir

Berkat Bantuan Pemkab Inhu, Kini Desa Talang Jerinjing Tak Lagi Banjir
Anggota BPD Talang Jerinjing, Nurianto
INHU - Desa Talang Jerinjing merupakan salah satu desa di Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau yang menjadi langganan banjir. Bahkan sejarah mencatat tahun 2012 kebawah terjadi banjir yang cukup dhasyat, sehingga mengakibatkan warga direlokasi ke lokasi pengungsian.
 
Apa yang menimpa Desa Talang Jerinjing tersebut kini hanya tinggal kenangan, sebab berkat pembangunan drainase, normalisasi saluran air, dan pembuatan kanal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, kini Desa Talang Jerinjing tidak lagi dilanda banjir saat musim hujan.
 
“Alhamdulillah walaupun sejak pagi hingga sore hujan lebat mengguyur, tapi berkat adanya kanal, normalisasi air, dan drainase yang sudah berfungsi optimal, kini Desa Talang Jerinjing tidak banjir lagi," ujar anggota BPD Talang Jerinjing, Nurianto saat dikonfirmasi wartawan, Senin (13/3/2017). 
 
Diceritakannya, banjir yang terjadi di Desa Talang Jerinjing beberapa tahun yang lalu akibat dari limpahan air dari Sungai Cenaku yang tidak tertampung ke Sungai Indragiri. Selain itu  juga debit air yang tinggi dari wilayah Pematang Reba dan sekitarnya.
 
Setelah mengetahui penyebabnya, akhirnya masyarakat dan pemerintah desa menyampaikan usulan untuk mengatasi masalah tersebut ke Pemerintah Kabupaten Inhu.
 
"Alhamdulillah, usulan dari masyarakat dan pemerintah desa diakomodir oleh Pemkab Inhu, dan kini atas izin Allah SWT  banjir tidak lagi melanda. Kita juga sangat beruntung dengan pemerintahan Pak Yopi. Masyarakat tinggal mengusulkan apa yang akan dibangun dan akan kita laksanakan sesuai kemampuan bantuan yang kita dapat," jelasnya. 
 
Sementara itu, Kepala Desa Talang Jerinjing, Edi Priyanto ST membenarkan bahwa berkat bantuan Pemkab Inhu, di Desa Talang Jerinjing sejak tahun 2014 yang lalu sudah tidak lagi mengalami musibah banjir.
 
"Mewakili masyarakat, saya ucapkan terimakasih kepada Pemkab Inhu, khususnya kepada Bupati Inhu H. Yopi Arianto SE yang senantiasa memberikan perhatian terhadap apa yang dibutuhkan rakyatnya," ucapnya.
 
Walaupun tidak banjir, Kades tetap mengimbau kepada masyarakat Desa Talang Jerinjing untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, sebab dalam kondisi musim tidak menentu seperti saat ini, berbagai penyakit dikhawatirkan akan melanda. (dil)

Berita Lainnya

Index